Keindahan Gunung di Sumatra Barat

Keindahan Gunung di Sumatra Barat

Soalnya keindahan gunung di Sumatra Barat tawarkan rintangan yang mengetes watak beberapa pendaki yang selalu berkujung.

Dengan berbagai jalanan pendakiannya yang menarikkan banyak wisatawan.

Sungguh Memukau Keindahan Gunung di Sumatra Barat

Karena itu, bila kamu pengin coba rasakan keindahakan mendaki di gunung yang ada di Sumatra Barat. Jadi tidak baik rasanya bila tidak coba lima gunung ini.

  1. Gunung Singgalang

Tetapi, kalah terkenal bukan bermakna gunung ini kalah memikat.  Tidak jauh dari teritori pucuk, seputar 112 mtr. Awalnya, kamu akan menemui Telaga Dewi yang demikian mempesona.

Baca Juga: Danau Menyerupai Ranu Kumbolo

Tempat ikan-ikan bebas berenang ke situ kesini di air yang jernih. Sebab cukup lembap, beberapa area seputar danau juga dihias rimba lumut.

Situasi telaga yang syahdu membuat area lega disekelilingnya jadi posisi favorite beberapa pendaki Gunung Singgalang untuk mengadakan tenda.

Ada satu spot yang menjadi keunikan Telaga Dewi Gunung Singgalang, yaitu satu pohon yang menjuru menuju danau. Tempat ini juga jadi latar terfavorit untuk berpose.

Mendekati matahari tenggelam, Telaga Dewi bakal menjadi semakin fantastis. Sinar bakal menjadi menegangkan dan udara jadi semakin dingin. Berikut saat yang pas untuk menghidupkan kompor, rebus air, menyeduh kopi, lalu meresapi kesunyian danau yang dipagari beberapa ribu pohon cantigi.

Gunung Singgalang adalah dari 3 gunung dalam rangkaian yang disebutkan Tri Arga. Dua gunung yang lain ialah Gunung Marapi dan Tandikek. Dari ke-3 gunung ini, Gunung Marapi yang tersering didatangi pendaki.

Di kelompok pendaki lokal Sumatera Barat, Singgalang adalah gunung favorite untuk didaki, kecuali Marapi dan Talang. Namun, lajur Singgalang semakin lebih singkat dibandingkan Kerinci.

Untuk capai Telaga Dewi butuh waktu seputar 7-8 jam. Pada awal pendakian, kamu akan melalui rimba rumput ria-riang (pimping) yang jika bersinggungan dengan kulit dapat membuat gatal. Selanjutnya kamu akan masuk track yang penuh akar-akar pohon. Saat sebelum datang di Telaga Dewi, kamu perlu melalui Cadas (area tempat vegetasi mulai berbeda) dan rimba lumut yang lembap. Jika ingin langsung ke pucuk, dari Telaga Dewi kamu perlu berjalan rileks seputar 15-30 menit melalui Rimba Lumut.

  1. Gunung Talang

Gunung elok yang membubung ditengah- tengah empat kecamatan yakni Kecamtan Danau Kembar, Lembah Gumanti, Lembanag Jaya, dan Kecamatan Gunung Talang. Selain itu gunung ini adalah satu dari gunung api aktif di Sumatera Barat. Gunung Talang bisa memberkan peristiwa tidak terlewatkan untuk treker pemula atau professional. Disepanjang lajur pendakian, kita bisa nikmati keelokan bunga edelweis.

Rimba gunung ini masih lumayan alami dengan beberapa kehidupan hewan dan tumbuhannya. Mendekati bulan purnama rimba ini akan ramai dengan beberapa suara monyet liar sebab adalah waktu mereka kawin. Disamping itu juga beberapa suara kicau burung akan kerap kedengar sepanjang pendakian. Gunung ini ada pada ktinggan 2.572 mdpl dan bisa dilakukan dengan berjalan kaki maupaun motor trail. Disekitar gnung, kita bisa menemui beberapa saluran sungai jernih.

Untuk capai posisi, kita bisa melalui beberapa lajur salah satunya lewat lajur kay jao dengan mempedomani plang jalur. Di sini, beberapa treker bisa nikmati keelokan alam dan rasakan dinginnya wilayah pegunungan sekalian menkmati teh panas. Posisi ini ada posisi kemping yang lain dengan posisi yang lain dalam situasi pegunungan dengan udara yang fresh dan sejuk. Dari Gunung Talang, pendaki dapat menyaksikan daya tarik tiga danau di Kabupaten Solok. Tiga danau itu ialah Danau Di Atas, Danau Di Bawah, dan Danau Talang.

  1. Gunung Tandikek

Gunung Tandikat adalah salah satunya gunung api yang ada di di daratan tinggi Sumatera Barat. Dengan bahasa minang gunung ini dinamai Gunung Tandikek. Seputar 80 Km dari Kota Padang atau 7,5 Km dari Kota Padang Panjang.

Gunung yang bertipe stratovolcano dan tertutupi rimba hujan tropis ini mempunyai ketinggian seputar 2438 mdpl yang disebut gunung paling rendah dari rangkaian pucuk tri arga. Meskipun gunung ini adalah salah satunya gunung yang jarang-jarang didaki, tetapi ada banyak simpan keelokan alam yang mengagumkan cantiknya.

Disamping itu Anda akan disuguhi oleh panorama Danau Maninjau yang ada di samping barat gunung ini. Gunung Tandikat menghampar lebar menuju selatan dan bersebelahan dengan Danau Maninjau di samping baratnya. Di samping utaranya gunung ini berdampingan dengan Gunung Singgalang, dan disamping timurnya adalah rangkaian pegunungan vulkanik Tersier yang telah tua. Sebab jarang-jarang didaki, lajur pendakiannya juga kurang terang. Kondisi jalan setapaknya yang tidak terang serta terkadang raib atau terputus.

Waktu pintas normal pendakian seputar tujuh jam, melewati rimba yang benar-benar asri dan alami yang ditempati oleh beberapa binatang liar seperti burung rangkong dan siamang, jadikan gunung ini mempunyai nilai tertentu yang lebih memikat buat di daki.

  1. Gunung Talamau

Talamau adalah gunung paling tinggi di Propinsi Sumatera Barat. Persisnya di Kabupaten Pasaman Barat. Tingginya 2.920 mtr. dan masuk di dalam kelompok gunung api tidak aktif.

Yang membuat spesial bukan hanya pohon-pohon hijau dan oksigen murni yang fresh waktu dihirup, tetapi juga ada 13 telaga yang ada pada ketinggian 2.750 mtr. di permukaan laut. Menaklukkan gunung-gunung lain di Indonesia.

13 telaga itu mempunyai nama yang spesial. Mengapa dapat demikian? Ternyata, menurut legenda di tempat 13 telaga ini punyai ceritanya semasing.

Mendaki ke Gunung Talamau, Kamu akan disajikan panorama mengagumkan dari 13 telaga di atas.  Bukan hanya telaga sama air jernih dan fresh, ada air terjun juga. Namanya Puti Lenggo Geni. Tingginya capai 100 mtr. lho! Untuk akses ke arah Gunung kebanggaan masyarakat Sumatera Barat ini, dapat dari Kota Padang dan Rao (tepian Sumatera Barat dan Utara). Silahkan diputuskan dari jarak paling dekat di mana kamu ada ya!

Bila pergi dari Padang, ada transportasi umum ke arah Kabupaten Pasaman Barat. Lama perjalanannya ialah 6 jam, ongkosnya murah lho tidaklah sampai 50ribu rupiah. Di kaki Gunung Talamau tidak ada pondokan tetapi kamu dapat sewa kamar di dalam rumah warga seputar, dikutip dari wisatasumbar.

Kalau sudah sampai di situ, ada titik pendakian yang dapat diputuskan. Titik pertama dapat diawali pada dusun Pinagar, titik ke-2 dapat memakai pintu rimba yang diawali di dusun Malampah, dan titik ke-3 diawali pada Dusun Kinali. Lama perjalanan ke arah pucuk seputar 12 jam

  1. Gunung Sago

Gunung Sago adalah gunung yang sedang populer di kelompok pelancong dan beberapa pencinta alam. Dengan mempunyai ketinggian 2.271 mdlp ini berada Kecamatan Lareh Sago Halaban, Luhak dan Situjuh Lima Nagari, kabupaten Lima Puluh Kota. Bila lakukan pendakian di Gunung Sago berharap berhati-hati, sebab gunung ini riskan akan longsor dan batu-batuan yang licin.

Nah, itu lima gunung di Sumatera Barat yang paling recommended untuk ditelusuri. Janganlah lupa membawa bekal dan persiapan psikis ya.